Cara Menggunakan Chatbot LISA Bank Indonesia (BI)

Chatbot LISA Bank Indonesia (Ilustrasi: BI)

Pada bulan November lalu, Bank Indonesia meluncurkan robot pembalas pesan otomatis (chatbot) yang diberi nama LISA (singkatan dari Layanan Informasi Bank Indonesia). Memakainya cukup mudah, tinggal simpan nomer resmi Bank Indonesia yaitu 081-131-131-131, nomernya unik karena merupakan pengulangan angka 131 yang menyerupai BI.

Cara Menggunakan Chatbot Lisa Bank Indonesia (BI)

  1. Simpan terlebih dahulu nomer BI di HP
  2. Setelah tersimpan, buka kontak LISA di aplikasi WhatsApp, lalu ketikkan "menu" tanpa tanda kutip
  3. Nanti akan tampil menu seperti berikut:
    • Nomer resmi BI sudah mendapat centang hijau, tanda terverifikasi oleh WhatsApp

  4. Setelah itu, pilih angka menu yang dituju (misalnya untuk melihat kurs, pilih ketik angka 4)
  5. Selesai

Nah itu tadi cara penggunaannya. Sebuah terobosan menarik dari BI. Untuk sementara fitur yang tersedia masih minim. Belum ada, misalnya, menu untuk melihat berita atau press release terbaru, peraturan terbaru, dll. Semoga dapat dimasukkan ke pembaruan chatbot mendatang. 

Sebetulnya chatbot LISA juga sudah tersedia di aplikasi LINE Messenger, tetapi karena saya tidak memakainya, tutorial ini dikhususkan untuk WhatsApp dulu.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama