5 Negara dengan PDB per Kapita Tertinggi di Dunia

Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita dihitung berdasarkan pendapatan (output) total suatu negara dibagi dengan jumlah penduduknya. Seringkali, PDB per kapita digunakan untuk mengetahui kemakmuran suatu negara. 

Kali ini, Ekonomikus akan menampilkan 5 negara dengan PDB per kapita tertinggi di dunia, dimulai dari urutan kelima.

5. Irlandia

Negara yang terletak di Eropa Barat ini, memiliki populasi sekitar 4,9 juta penduduk. Bahkan tidak sampai setengah dari penduduk Jakarta. Dengan PDB per kapita mencapai 88240 Dollar AS, menempatkan Irlandia ke urutan kelima negara dengan PDB per kapita tertinggi.

4. Qatar

Dengan jumlah penduduk sekitar 2,9 juta jiwa, Qatar memiliki PDB per kapita sebesar 94,028 Dollar AS. Hal ini membuat Qatar menempati posisi keempat dalam daftar ini. 

Negara yang berbatasan langsung dengan Arab Saudi ini, memperoleh mayoritas pendapatannya dari minyak bumi dan gas alam. 

3. Singapura

Tetangga kita ini masuk ke dalam posisi ketiga dalam daftar ini. Negara yang luasnya sekitar dua kali luas kota Surabaya ini, merupakan salah satu negara dengan tingkat korupsi paling rendah di dunia. 

Meski kekurangan sumber daya alam, Singapura berhasil menjadi pusat keuangan keenam di dunia. Singapura memiliki PDB per kapita mencapai 101649 Dollar AS.

2. Luksemburg

Negara yang tidak memiliki laut ini terletak di antara Perancis, Jerman, dan Belgia. Meski luasnya tidak sempai setengah pulau Bali, Luksemburg masuk ke posisi dua negara dengan PDB per kapita tertinggi di dunia, yakni 121292 Dollar AS. 

Perekonomian negara ini kebanyakan bergantung pada sektor perbankan, industri, dan baja. 

1. Macau

Posisi Pertama dalam daftar ini diduduki oleh Macau. WIlayah yang merupakan daerah administrasi khusus dari Tiongkok ini mengandalkan penjualan pakaian dan pariwisata perjudian sebagai penyumbang terbesar perekonomian mereka. 

PDB per kapita Macau adalah sebesar 129451 Dollar AS.

***

Sobat Ekonomikus, itulah tadi lima negara dengan PDB Per Kapita tertinggi di dunia. Kira-kira, kapan ya Indonesia bisa masuk ke dalamnya?

Sumber:
Foto: Lucian Potlog / Pexels

https://data.worldbank.org/indicator/NY.GDP.PCAP.PP.CD diakses pada 17 Januari 2021
https://www.unfpa.org/data/world-population-dashboard diakses pada 17 Januari 2021
https://www.longfinance.net/media/documents/GFCI_28_Full_Report_2020.09.25_v1.1.pdf diakses pada 17 Januari 2021

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama