Statistik Metode Pembayaran E-Commerce di Indonesia

Statistik Pilihan Metode Pembayaran Ecommerce di Indonesia

Berdasarkan laporan dari Statistik E-Commerce 2020 yang disusun oleh Badan Pusat Statistik (BPS), mayoritas pembeli yang berbelanja online masih menggunakan metode pembayaran bayar di tempat atau cash on delivery (CoD) yakni sebanyak 73,04 persen. Metode tersebut memungkinkan pembeli membayar langsung produk yang dibeli kepada kurir yang mengantar. Sepertiga usaha E-Commerce dengan jumlah tenaga kerja 100 orang dan lebih, paling sering menggunakan metode ini dibandingkan metode pembayaran yang lain.

Metode terbanyak kedua adalah dengan cara transfer bank, baik melalui ATM, internet banking, maupun mobile banking dengan porsi sebesar 21,20 persen. Lebih dari separuh usaha E-Commerce dengan jumlah tenaga kerja 100 orang dan lebih, paling sering menggunakan metode ini. 

Pembayaran selanjutnya berturut-turut adalah dengan metode E-Wallet (Ovo, Dana, GoPay, LinkAja, Kredivo, AkuLaku, PayLater, dsb) dan kartu (debit/kredit/kartu uang elektronik) sebanyak 4,67 persen dan 1,06 persen. Sedangkan pembayaran dengan metode lainnya sebanyak 0,03 persen.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama