Hukum Satu Harga (Law of One Price): Pengertian Beserta Contohnya

Secara sederhana, hukum satu harga menyatakan bahwa di pasar yang efisien, barang yang identik harusnya memiliki harga yang sama.

Pengertian Hukum Satu Harga

Menurut Krugman & Obstfeld, hukum satu harga (law of one price) menyatakan bahwa dalam pasar kompetitif, barang yang identik apabila dijual di negara-negara yang berbeda harusnya memiliki harga yang sama ketika harga barang tersebut dinyatakan dalam mata uang yang sama. Syaratnya, pasar tersebut bebas dari biaya transportasi dan tanpa hambatan perdagangan (seperti tarif). 

Contoh Hukum Satu Harga

Contoh yang populer tentang hukum satu harga adalah penerapan harga burger Big Mac. Pada setiap gerai McD, biasanya ada menu burger Big Mac tersebut. Nah apabila hukum satu harga berlaku, maka harga Big Mac di Jakarta maupun di New York seharusnya memiliki harga yang sama. 

Namun, karena pasar tidak efisien hukum satu harga tidak berlaku.

Pengertian Hukum Satu Harga Beserta Contohnya
Gambar: Clker-Free-Vector-Images / Pixabay 

Referensi: 

  • Krugman, P.R. & Obstfeld, M. (2009). International Economics: Theory & Policy. 8th ed., International ed. Pearson Addison Wesley, London.
  • Perry, M.J. The Big Mac Index: Law of One Price vs. PPP. Diakses dari https://www.aei.org/carpe-diem/the-big-mac-index-law-of-one-price-vs-ppp/ pada 31 Januari 2021

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama