Ekonomi Digital di Indonesia pada Tahun 2020


Beberapa waktu yang lalu, Google, Temasek, serta Bain & Company mengeluarkan laporan The e-Conomy SEA 2020. Pada laporan tersebut, dipaparkan bagaimana perkembangan ekonomi digital di wilayah Asia Tenggara. 

Khusus Ekonomi Digital di Indonesia, beberapa poin utama dalam laporan tersebut adalah:

  • masyarakat Indonesia menghabiskan waktu untuk online rata-rata selama 4,7 jam dalam sehari di masa pandemi ini, meningkat dari sebelum pandemi yang berkisar 3,6 jam sehari
  • e-commerce mengalami pertumbuh secara signifikan hingga mencapai 54%, dengan Gross merchandise value (GMV) atau total produk yang terjual mencapai 44 miliar dollar AS selama 2020
  • teknologi kesehatan (HealthTech) dan teknologi pendidikan (EdTech) memainkan peran penting di masa-masa seperti sekarang
  • para investor di dunia digital sekarang lebih melihat bisnis yang berkelanjutan (sustainable)
  • pembayaran dan kepercayaan di dunia digital semakin naik, meski begitu, talenta pemain di ekonomi digital masih perlu ditingkatkan
  • terdapat 37 persen konsumen baru di dunia digital
Demikian ringkasan dari laporan ekonomi digital di Indonesia pada tahun 2020 tersebut.

Foto: PhotoMIX Company from Pexels

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama