Beberapa waktu yang lalu, Google, Temasek, serta Bain & Company mengeluarkan laporan The e-Conomy SEA 2020. Pada laporan tersebut, dipaparkan bagaimana perkembangan ekonomi digital di wilayah Asia Tenggara.
Khusus Ekonomi Digital di Indonesia, beberapa poin utama dalam laporan tersebut adalah:
- masyarakat Indonesia menghabiskan waktu untuk online rata-rata selama 4,7 jam dalam sehari di masa pandemi ini, meningkat dari sebelum pandemi yang berkisar 3,6 jam sehari
- e-commerce mengalami pertumbuh secara signifikan hingga mencapai 54%, dengan Gross merchandise value (GMV) atau total produk yang terjual mencapai 44 miliar dollar AS selama 2020
- teknologi kesehatan (HealthTech) dan teknologi pendidikan (EdTech) memainkan peran penting di masa-masa seperti sekarang
- para investor di dunia digital sekarang lebih melihat bisnis yang berkelanjutan (sustainable)
- pembayaran dan kepercayaan di dunia digital semakin naik, meski begitu, talenta pemain di ekonomi digital masih perlu ditingkatkan
- terdapat 37 persen konsumen baru di dunia digital
Foto: PhotoMIX Company from Pexels
Posting Komentar